SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN

Sasaran Tahap I

Tahun

Strategi Pencapaian

2013

2014

2015

2016

2017

A. Visi, misi, tujuan, dan sasaran:

 

 

 

 

 

 

1. Terakreditasinya Program Studi Sistem Informasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) atau Badan Akreditasi sejenis

C

C

C

B

B

Mengajukan akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) atau Badan Akreditasi sejenis

2. Terlaksananya   visi, misi, tujuan dan sasaran

  • Melaksanakan visi, misi, tujuan dan sasaran secara konsisten sesuai dengan Renstra untuk memenuhi standar kualifikasi akademik dalam bidang sistem infromasi
  • Memperkuat visi, misi dan tujuan dan sasaran untuk mengatasi persaingan dan perubahan yang cepat dalam bidang sistem infromasi.

3. Pemahaman sivitas akademika, dan tenga kependidikan terhadap visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Sistem Informasi

70%

75%

80%

85%

90%

Mensosialisasikan visi, misi, tujuan dan sasaran pada semua sivitas akademika, tenaga pendukung dan masyarakat luas untuk meningkatkan citra program studi.

B. Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu:

 

 

 

 

 

 

1. Terlaksananya tata pamong di program studi yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, dan adil

  • Meningkatkan koordinasi dengan dosen dan staf untuk meningkatkan manajemen tata pamong, sistem informasi dan penjaminan mutu.
  • Meningkatkan kerjasama dengan institusi lain untuk memperkuat tata pamong, kepemimpinan dan sistem informasi serta penjaminan mutu.

2. Terlaksananya pola kepemimpinan (kepemimpinan operasional, organisasi dan kepemimpinan publik) secara konsisten dalam rangka  pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Sistem Informasi

Melaksanakan pola kepemimpinan (kepemimpinan operasional, organisasi dan kepemimpinan publik) secara konsisten

3. Terlaksananya sistem pengelolaan program studi secara konsisten dalam rangka  pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Sistem Informasi

  • Melaksanakan sistem pengelolaan program studi secara konsisten dalam rangka  pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran program studi.
  • Memanfaatkan internet dan intranet dalam proses tata kelola dan pembelajaran.

4. Terlaksananya sistem penjaminan mutu internal dan eksternal yang sesuai standar nasional pendidikan

  • Menerapkan prinsip penjaminan mutu yang sesuai standar nasional pendidikan.
  • Menindaklanjuti hasil evaluasi internal secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas program studi.

C. Kemahasiswaan dan Lulusan

 

 

 

 

 

 

1. Rata-rata IPK lulusan

3,01

3,02

3,03

3,04

3,05

  • Meningkatkan fungsi dan peran dosen wali dalam menunjang proses belajar mengajar
  • Meningkatkan pelaksanaan proses belajar mengajar, baik di dalam maupun diluar jam kuliah serta dilaksanakan Proses Belajar Mengajar remedial.
  • Meningatkan mutu SDM serta pengembangan sarana dan prasarana.

2. Peningkatan calon mahasiswa

10%

12%

14%

15%

18%

Melaksanakan kegiatan promosi untuk meningkatkan animo masyarakat sebagai calon mahasiswa.

3. Mahasiswa baru yang melakukan registrasi ulang

90%

92%

94%

95%

96%

Menerpakan sistem seleksi yang lebih ketat untuk menjaring calon mahasiswa yang berkualitas.

4. Masa studi lulusan rata-rata 4 tahun

4 thn 6 bln

4 thn 5 bln

4 thn 2 bln

4 thn 1 bln

4 thn

Memberikan layanan bimbingan yang intensif untuk memperlancar mahasiswa dalam menyelesaikan studinya dengan tepat waktu dan berkualitas tinggi

5. Keterserapan lulusan oleh lapangan kerja sesuai dengan bidang sistem infromasi

70%

75%

80%

82%

84%

Menjalin kerjasama dengan pihak pengguna untuk menyalurkan lulusan, dan memperoleh umpan balik dalam rangka meningkatkan kualitas program studi/institusi.

6. Terjalinnya kerjasama dengan pihak alumni

Menjalin kerjasama dengan pihak lulusan/alumni untuk memperoleh umpan balik dalam rangka meningkatkan kualitas program studi/institusi.

D. Sumber Daya Manusia

 

 

 

 

 

 

1. Jumlah dosen yang memiliki Jenjang Pendidikan terakhir  dosen (S1)

2

2

0

0

0

Mendorong dan memberikan  rekomendasi setiap dosen yang berpendidikan S1 untuk lanjut pendidikan S2.

2. Jumlah dosen yang memiliki Jenjang Pendidikan terakhir   dosen (S2)

4

4

6

6

6

Mengikuti studi lanjut S2

3. Jumlah dosen yang memiliki Jenjang pendidikan terakhir   dosen (S3)

0

0

0

0

0

Mengikuti studi lanjut S3

4. Jumlah dosen yang memiliki Jabatan Akademik terakhir   Asisten Ahli

2

4

4

6

6

Memfasilitasi dosen untuk pengusulan jabatan fungsional akademik dosen

5. Jumlah dosen yang memiliki Jabatan Akademik terakhir  Lektor

1

1

1

3

3

Memfasilitasi dosen untuk pengusulan jabatan fungsional akademik dosen

6. Jumlah dosen yang memiliki Jabatan Akademik terakhir   Lektor Kepala

0

0

0

0

0

Memfasilitasi dosen untuk pengusulan jabatan fungsional akademik dosen

7. Jumlah dosen yang memiliki Jabatan Akademik terakhir  Guru Besar

0

0

0

0

0

Memfasilitasi dosen untuk pengusulan jabatan fungsional akademik dosen

8. Frekuensi keikutsertan dosen dalam kegiatan ilmiah

15

16

18

20

22

Mengikuti kegiatan ilmiah, seperti: seminar, lokakarya, pelatihan, dll.

9. Jumlah dosen yang memiliki sertifikasi pendidik

2

3

3

3

4

Mengajukan sertifikasi bagi dosen

E. Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik

 

 

 

 

 

 

1. Peninjauan kurikulum untuk mengantisipasi kebutuhan lapangan kerja

-

-

-

  • Melakukan peninjauan kurikulum secara berkala untuk menyesuaikan dan mengantisipasi kebutuhan pegawai yang berkompetensi Sistem Informasi
  • Mengembangkan kurikulum lokal yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja

2. Proses pembelajaran berbasis pada kebutuhan lapangan kerja

Melakukan kajian untuk memperoleh informasi mengenai kebutuhan di lapangan kerja.

3. Terciptanya suasana akademik yang kondusif melalui interaksi dengan pihak mahasiswa

Memfasilitasi kegiatan intra dan ekstrakurikuler untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa

F. Pembiayaan, Sarana, dan Sistem Informasi

 

 

 

 

 

 

1. Sumber biaya dari mahasiswa

80%

75%

70%

65%

60%

Meningkatkan sumber pembiayaan dari pihak luar selain dari mahasiswa

2. Sumber biaya dari Pemerintah

10%

12%

14%

14%

16%

Meningkatkan jumlah mahasiswa penerima beasiswa dikti setiap tahun serta meningkatkan hubungan kerjasama dengan pemerintah daerah. Di samping itu, ikut dalam penerimaan dana HIBAH Kompetisi yang dilaksanakan oleh Dirjen Dikti

3. Sumber biaya dari swasta

10%

13%

16%

20%

24%

Membangun kerjasama dengan pihak swasta untuk bersama-sama mengembangkan keluaran Program Studi Sistem Informasi.

4. Sistem Informasi LAN

0%

0%

0%

30%

50%

Membangun sistem informasi dengan jaringan LAN

5. Sistem Informasi WAN

0%

0%

0%

0%

30%

Membangun sistem informasi dengan jaringan WAN

6. Sumber Pustaka (Judul)

500

600

700

800

900

Menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi.

7. LCD projector (buah)

5

8

10

12

15

Menyediakan fasilitas pembelajaran (LCD projector) secara bertahap

G. Penelitian, Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama

 

 

 

 

 

 

1. Jumlah penelitian yang dibiayai PT sendiri

10

10

12

12

14

  • Mendorong para dosen untuk melakukan kajian ilmiah sebagai salah satu wujud pemecahan masalah yang sekaligus meningkatka kualitas dosen dalam melakukan pembelajaran.
  • Merencanakan, mengkoordinasikan, mengolah, mengembangkan dan merumuskan kebijaksanaan kegiatan penelitian

2. Jumlah penelitian yang dibiayai oleh luar PT

0

0

0

1

1

Mendorong para dosen untuk melakukan kajian ilmiah di luar perguruan tinggi sebagai salah satu wujud pemecahan masalah yang sekaligus meningkatkan kualitas dosen dalam melakukan pembelajaran dan pengembangan diri dalam bidang sistem infromasi.

3. Jumlah Penelitian yang dibiayai oleh luar negeri

0

0

0

0

1

Membangun kerjasama dengan pihak luar negeri dalam mengkaji masalah sistem informasi.

4. Jumlah publikasi hasil penelitian dalam jurnal ilmiah local

10

10

12

12

14

Menerbitkan jurnal ilmiah.

5. Jumlah publikasi hasil penelitian dalam jurnal ilmiah nasional

0

0

2

2

2

Meningkatkan status jurnal ilmiah yang telah dimiliki Program Studi Sistem Informasi pada jenjang akreditasi DIKTI.

6. Jumlah publikasi hasil penelitian dalam jurnal ilmiah internasional

0

1

1

2

2

Mengadakan pelatihan tentang penulisan artikel ilmiah pada publikasi jurnal ilmiah internasional di bidang sistem infromasi.

7. Jumlah pengabdian kepada masyarakat yang dibiayai PT sendiri

2

2

3

3

4

Mengadakan pelatihan penyusunan proposal pengabdian masyarakat

8. Jumlah pengabdian kepada masyarakat yang dibiayai oleh luar PT.

1

1

2

2

3

Mengadakan pelatihan penyusunan proposal pengabdian masyarakat dari dana HIBAH Kompetisi untuk pengabdian masyarakat.

9. Jumlah pengabdian kepada masyarakat yang dibiayai luar negeri.

0

0

0

0

1

Setiap Tahun dosen diberikan kesempatan dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat.

10. Jumlah kerjasama dalam negeri

2

2

3

4

5

Memperluas jaringan kerjasama kepada pihak pemerintah maupun swasta tiap tahunnya dalam peningkatan mutu Program Studi Sistem Informasi.

11. Kerjasama luar negeri

0

0

0

0

1

Membangun kerjasama dari pihak luar negeri dengan upaya dilakukan tiap tahunnya.

 

Sasaran Tahap II

Tahun

Strategi Pencapaian

2018

2019

2020

2021

2022

A. Visi, misi, tujuan, dan sasaran:

 

 

 

 

 

 

1. Terakreditasinya Program Studi Sistem Informasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) atau Badan Akreditasi sejenis

B

B

B

B

A

Mengajukan akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) atau Badan Akreditasi sejenis

2. Terlaksananya visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Sistem Informasi secara konsisten sesuai dengan Renstra untuk memenuhi standar kualifikasi akademik dalam bidang sistem infromasi

  • Melaksanakan visi, misi, tujuan dan sasaran secara konsisten sesuai dengan Renstra untuk memenuhi standar kualifikasi akademik dalam bidang sistem infromasi
  • Memperkuat visi, misi dan tujuan dan sasaran untuk mengatasi persaingan dan perubahan yang cepat dalam bidang sistem infromasi.

3. Pemahaman sivitas akademika, dan tenga kependidikan terhadap visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Sistem Informasi

91%

92%

93%

94%

95%

Mensosialisasikan visi, misi, tujuan dan sasaran pada semua sivitas akademika, tenaga pendukung dan masyarakat luas untuk meningkatkan citra program studi.

B. Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu:

 

 

 

 

 

 

1. Terlaksananya tata pamong di program studi yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, dan adil

  • Meningkatkan koordinasi dengan dosen dan staf untuk meningkatkan manajemen tata pamong, sistem informasi dan penjaminan mutu.
  • Meningkatkan kerjasama dengan institusi lain untuk memperkuat tata pamong, kepemimpinan dan sistem informasi serta penjaminan mutu.

2. Terlaksananya pola kepemimpinan (kepemimpinan operasional, organisasi dan kepemimpinan publik) secara konsisten dalam rangka  pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Sistem Informasi

Melaksanakan pola kepemimpinan (kepemimpinan operasional, organisasi dan kepemimpinan publik) secara konsisten

3. Terlaksananya sistem pengelolaan program studi secara konsisten dalam rangka  pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Sistem Informasi

  • Melaksanakan sistem pengelolaan program studi secara konsisten dalam rangka  pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran program studi.
  • Memanfaatkan internet dan intranet dalam proses tata kelola dan pembelajaran.

4. Terlaksananya sistem penjaminan mutu internal dan eksternal yang sesuai standar nasional pendidikan

  • Menerapkan prinsip penjaminan mutu yang sesuai standar nasional pendidikan.
  • Menindaklanjuti hasil evaluasi internal secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas program studi.

C. Kemahasiswaan dan Lulusan

 

 

 

 

 

 

1. Rata-rata IPK lulusan

3,06

3,07

3,08

3,09

3,10

Peningkatan mutu SDM serta pengembangan sarana dan prasarana.

2. Peningkatan calon mahasiswa

20%

22%

25%

28

30%

Melaksanakan kegiatan promosi untuk meningkatkan animo masyarakat sebagai calon mahasiswa.

3. Mahasiswa baru yang melakukan registrasi ulang

96%

97%

97%

98%

98%

Menerapkan sistem seleksi yang lebih ketat untuk menjaring calon mahasiswa yang berkualitas.

4. Masa studi lulusan rata-rata 4 tahun

4 thn

4 thn

4 thn

4 thn

3,5 thn

Memberikan layanan bimbingan yang intensif untuk memperlancar mahasiswa dalam menyelesaikan studinya dengan tepat waktu dan berkualitas tinggi

5. Keterserapan lulusan oleh lapangan kerja sesuai dengan bidangnya

85%

87%

88%

89%

90%

Menjalin kerjasama dengan pihak pengguna untuk menyalurkan lulusan, dan memperoleh umpan balik dalam rangka meningkatkan kualitas program studi/institusi.

6. Terjalinnya kerjasama dengan pihak alumni

Menjalin kerjasama dengan pihak lulusan/alumni untuk memperoleh umpan balik dalam rangka meningkatkan kualitas program studi/institusi.

D. Sumber Daya Manusia

 

 

 

 

 

 

1. Jumlah dosen yang memiliki Jenjang Pendidikan terakhir  dosen (S1)

0

0

0

0

0

Mendorong dan memberikan  rekomendasi setiap dosen yang berpendidikan S1 untuk lanjut pendidikan S2.

2. Jumlah dosen yang memiliki Jenjang Pendidikan terakhir   dosen (S2)

6

6

6

6

6

Mengikuti studi lanjut S2

3. Jumlah dosen yang memiliki Jenjang pendidikan terakhir   dosen (S3)

0

0

0

2

2

Mengikuti studi lanjut S3

4. Jumlah dosen yang memiliki Jabatan Akademik terakhir  Lektor

6

6

6

6

6

Memfasilitasi dosen untuk pengusulan jabatan fungsional akademik dosen

5. Jumlah dosen yang memiliki Jabatan Akademik terakhir   Lektor Kepala

0

0

0

2

2

Memfasilitasi dosen untuk pengusulan jabatan fungsional akademik dosen

6. Jumlah dosen yang memiliki Jabatan Akademik terakhir  Guru Besar

0

0

0

0

1

Memfasilitasi dosen untuk pengusulan jabatan fungsional akademik dosen

7. Frekuensi keikutsertan dosen dalam kegiatan ilmiah

24

24

25

25

26

Mengikuti kegiatan ilmiah, seperti: seminar, lokakarya, pelatihan, dll.

8. Jumlah dosen yang memiliki sertifikasi pendidik

6

6

6

6

6

Mengajukan sertifikasi bagi dosen

E. Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik

 

 

 

 

 

 

1. Peninjauan kurikulum untuk mengantisipasi kebutuhan lapangan kerja

-

-

-

Melakukan peninjauan kurikulum secara berkala untuk menyesuaikan dan mengantisipasi kebutuhan pegawai yang berkompetensi Sistem Informasi

2. Proses pembelajaran berbasis pada kebutuhan lapangan kerja

Melakukan kajian untuk memperoleh informasi mengenai kebutuhan di lapangan kerja.

3. Terciptanya suasana akademik yang kondusif melalui interaksi dengan pihak mahasiswa

Memfasilitasi kegiatan intra dan ekstrakurikuler untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa

F. Pembiayaan, Sarana, dan Sistem Informasi

 

 

 

 

 

 

1. Sumber biaya dari mahasiswa

 

 

 

 

 

55%

50%

45%

40%

35%

Meningkatkan sumber pembiayaan dari pihak luar selain dari mahasiswa

2. Sumber biaya dari Pemerintah

16%

18%

18%

20%

20%

Meningkatkan jumlah mahasiswa penerima beasiswa Dikti setiap tahun serta meningkatkan hubungan kerjasama dengan pemerintah daerah. Di samping itu, ikut dalam penerimaan dana HIBAH Kompetisi yang dilaksanakan oleh Dirjen Dikti

3. Sumber biaya dari swasta

28%

30%

35%

37%

42%

Membangun kerjasama dengan pihak swasta untuk bersama-sama mengembangkan keluaran program Studi Sistem Informasi.

4. Sumber biaya dari luar negeri

0%

2%

2%

3%

3%

Membangun koneksi pihak luar negeri dan mencari jaringan penggalan dana untuk pengembangan intitusi.

5. Sistem Informasi LAN

80%

90%

100%

100%

100%

Membangun sistem informasi melalui jaringan LAN

6. Sistem Informasi WAN

60%

80%

90%

100%

100%

Membangun sistem informasi melalui jaringan WAN

7. Sumber Pustaka (Judul)

1.000

1.100

1.200

1.300

1.400

Menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi.

8. LCD projector (buah)

15

15

16

16

17

Menyediakan fasilitas pembelajaran (LCD projector) secara bertahap

G. Penelitian, Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama

 

 

 

 

 

 

1. Jumlah penelitian yang dibiayai PT sendiri

15

15

16

16

17

Mendorong para dosen untuk melakukan kajian ilmiah sebagai salah satu wujud pemecahan masalah yang sekaligus meningkatka kualitas dosen dalam melakukan pembelajaran.

2. Jumlah penelitian yang dibiayai oleh luar PT

2

2

3

3

4

Mendorong para dosen untuk melakukan kajian ilmiah di luar perguruan tinggi sebagai salah satu wujud pemecahan masalah yang sekaligus meningkatkan kualitas dosen dalam melakukan pembelajaran dan pengembangan diri dalam bidang sistem infromasi.

3. Jumlah Penelitian yang dibiayai oleh luar negeri

2

2

2

2

3

Membangun kerjasama dengan pihak luar negeri dalam mengkaji masalah sistem informasi.

4. Jumlah publikasi hasil penelitian dalam jurnal ilmiah lokal

11

11

12

12

13

Menerbitkan jurnal ilmiah.

5. Jumlah publikasi hasil penelitian dalam jurnal ilmiah nasional

4

4

4

4

6

Meningkatkan status jurnal ilmiah yang telah dimiliki program Studi Sistem Informasi pada jenjang akreditasi DIKTI.

6. Jumlah publikasi hasil penelitian dalam jurnal ilmiah internasional 2 2 3 3 4 Mengadakan pelatihan tentang penulisan artikel ilmiah pada publikasi jurnal ilmiah internasional di bidang sistem infromasi.
7. Jumlah pengabdian kepada masyarakat yang dibiayai PT sendiri 5 5 6 6 7 Mengadakan pelatihan penyusunan proposal pengabdian masyarakat
8        

Tags