Kuliah S1 di STMIK Sumedang Bisa Ditempuh Selama 3,5 Tahun

Sumedang - Meskipun Peraturan Pemerintah mengatur bahwa panjang waktu studi program strata satu (S-1) memiliki beban SKS minimal 144 SKS dan maksimal 160 SKS dengan masa tempuh normal selama 4 tahun (8 semester). Dengan terbitnya Permen Ristek-DIKTI nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Pendidikan Tinggi yang mengatur lamanya pendidikan. Maka untuk meraih gelar sarjana strata satu (S-1), kini dapat ditempuh lebih mudah hanya dengan masa studi selama 3,5 tahun.
Lulus cepat dari bangku kuliah memang tidak menjamin keberhasilan mahasiswa selanjutnya. Tetapi bila dapat dilakukan, keuntungan minimal yang didapat adalah mengurangi beban orangtua mahasiswa membiayai kebutuhan kuliah yang besar. Selain itu bagi mahasiswa yang berminat melanjutkan kuliah ke jenjang lebih tinggi, cepat lulus dapat membantu untuk mendapat gelar master dan doktor di usia yang tidak terlalu tua.

Tidak sedikit mahasiswa STMIK Sumedang yang membuktikan bahwa dirinya bisa lulus dalam waktu yang lebih singkat selama 3,5 tahun. Cara menyelesaikan studi 3,5 tahun di STMIK Sumedang, yaitu dapat dilakukan oleh mahasiswa  dengan menggunakan Semester Alih Tahun Akademik selama 16 pertemuan, di luar kewajiban semester ganjil dan genap. Selain itu, mahasiswa harus dapat menyelesaikan maksimal 24 SKS mulai dari semester 2-7. Namun ada syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa, yaitu indeks prestasi mahasiswa harus bagus (minimal 3,00) dan tanpa ada mata kuliah yang belum lulus (Bobot Nilai D dan E). Untuk mencapai indeks prestasi bagus, maka sebelum mahasiswa STMIK Sumedang membuat rencana studi, sangat penting bagi mahasiswa untuk dibekali pengetahuan apa saja mata kuliah wajib dan prasyarat tiap semester, mata kuliah pilihan, serta syarat-syarat kelulusan. Biasanya hal-hal seperti ini tercantum di silabus setiap mata kuliah. Rencana studi ini mencakup rencana mata kuliah wajib dan pilihan apa saja yang hendak diambil di setiap semester mulai dari semester 1-7, kewajiban-kewajiban lain (praktek kerja lapangan, dsb), rencana organisasi, kepanitiaan, dan perlombaan yang hendak diikuti.

Selain adanya kesempatan untuk meraih gelar sarjana strata satu (S-1) yang dapat ditempuh hanya dengan masa studi selama 3,5 tahun. STMIK Sumedang telah menyiapkan sarana dan prayarana yang lengkap (Ruang Kuliah, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa,  Unit Kegiatan Mahasiswa, dll.), bantuan beasiswa prestasi dan asuransi jiwa, serta telah menjalin kerjasama untuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan beberapa Perguruan Tinggi lain dan stackhorder untuk menunjang proses perkuliahan.

Dalam memenuhi tuntutan pendidikan dan dunia kerja yang lebih baik saat ini yang sesuai dengan Permendikbud nomor 81 tahun 2014 mengenai Surat Keterangan Pendaping Ijasah (SKPI). STMIK Sumedang juga telah menjalin kerjasama untuk melaksanakan program magang, sertifikasi Microsoft, dan Sertifikasi Profesi IT dengan beberapa Instansi/Perusahaan dan penyelenggara uji kompetensi nasional. Dimana nantinya, STMIK Sumedang dapat mengeluarkan surat keterangan pendaping ijasah yang memuat informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan STMIK Sumedang. Dengan adanya Surat Keterangan Pendamping Ijasah tersebut, setiap mahasiswa setelah lulus dari STMIK Sumedang tidak hanya mendapatkan ijasah tetapi juga mendapatkan sertifikat dan gelar profesi IT resmi. (Senin, 17 Oktober 2016)
 

Tags